Selasa, 16 Februari 2010

CERITA TA CG


. . .


Cerita nya dari awal ya…

Dimulai dari pas semester I tingkat 4. Pas semester ini, anak2 FA’04 udah waktunya ngambil TA1, jadi waktu semester ini cuma nentuin kita mau TA apa dan di mana, terus penelusuran pustaka TA yg dipilih, ma kuliah TA1. Di Farmasi itu ada 4 Unit Bidang Keilmuan, yaitu : Kimia Bahan Alam (KBA), Farmakologi (Sering disebut Farmol, biasanya ttg uji-uji aktivitas obat/zat kimia pada makhluk hidup, jd percobaannya pake hewan ky tikus, mencit, kelinci, marmot; oiya di farmol juga ada farmasi rumah sakit yaitu studi kefarmasian di rumah sakit ttg instalasi farmasi di RS, studi ttg penyakit2+obat2 yang dialami dan dikonsumsi pasien di suatu RS, dll ), Farmakokinetik (sering disebut Tekno, berhubungan dengan sediaan-sediaan farmasi , bisa tentang pembuatan modifikasi sediaan baru atau uji-uji yg berhubungan dgn sediaan tersebut, ato bisa jg ttg studi profil/kinetika obat dalam tubuh, dll), Farmakokimia (sering disebut Analisis; TA di sini tuh biasanya ttg analisis-analisis/uji-uji terhadap suatu obat/zat kimia dilihat dari struktur kimia atau reaktivitas nya, atau tentang validasi suatu metode analisis baru, atau analisis keamanan terhadap suatu produk farmasi, atau tentang penemuan obat/struktur zat kimia baru, dll).

Nah, waktu itu, karena sy ga mau TA pake hewan dan juga dilihat dari keinterest-an sy, maka akhirnya saat itu saya milih Farmakokimia sebagai Unit TA sy.


Setelah dapet penempatan di Unit Bidang Ilmu TA msg2, nah temen sy yg lain tuh pada mulai nyari2 dosen yg kira2 ok, terus mereka pada nge-take dosen gitu. Di Lab Farmakokimia juga sama, mereka pada nge-take dosen duluan, milih mana yg kira2 ok dan cocok dgn TA nya. Dan saya waktu itu nyante2 aja, ga ada take2an dosen sama sekali. Pokonya dulu nyante abis lah, tp waktu itu udah kepikiran mau TA ma dosen yg mana. Akhirnya ternyata khusus di Lab Analisis, dosen pembimbing itu ditentuin langsung sama kepala Unit bIdang Keilmuannya, jadi take2an dosen itu ga berlaku dan ga berguna,,, hahahaha…. Seneng bgd sy waktu itu,,,, secara gitu di lab itu sy yg paling nyante abiss di saat orang2 pd sibuk nge-take dosen sana sini. Dan akhirnya pengumuman dosen pembimbing pun tiba,,, ternyata sy dapet dosen yang diincer banyak temen sy,,,, namanya tu Dr. Rer.nat. Rahmana Emran Kartasasmita… salah satu dosen analisis ter ok di farmasi. Dan ternyata beliau itu cuma punya 4 anak bimbingan (sy, dan ke3 temen sy yg lain : randi, Toga, Rieza; sy perempuan sendiri lho!!! Hehehe)…. Dan kamu tau? Dosen yg sy inginkan itu dari dulu memang Pa Emran…. Hahahaha…. Seneng bgd bs dapet dosen yg sesuai keinginan… padahal ga nge-take sama sekali…..


Pas awal, sy tu TA ga mau repot, ingin yg cepet selesai , ga usah masuk lab, ga mau pake hewan, ga mau pake zat kimia apapun, dan bisa ditinggal-tinggal. Hehehe….


Akhirnya sy mutusin TA nya ttg pemodelan (komputasi) aja, jadi cuma bekerja di balik layar computer ttg analisis struktur dan reaktivitas suatu obat/zat kimia pake pemodelan dgn program komputasi yg udah ada. Waktu itu TA yg saya ajuin pertama ttg Uji Reaktivitas Obat Kanker yang bekerja lgsg pd DNA…. Waktu awal2 masih semngt ngerjain TA ttg obat kanker,,,, tp lama-kelamaan ko mkn susah ya!!! Ternyata sangat kompleks… apalagi ttg kanker….akhirnya setelah konsultasi ma dosen wali yg ngerti bgd gmn CG, beliau menyarankan untuk ganti tema yg lebih simple dan saya suka…Hehehe….

Akhirnya saya ganti lagi deh tema TA nya,,,, Pilihan Tema TA ke dua saya akhirnya ttg uji reaktivitas antioksidan pada makanan dan regulasi nya di Indonesia…. akhirnya waktu perdana kumpul brg ma dosen dan temen2 sebimbingan,,,, saya dkk saat itu menyampaikan masg2 TA yang akan dikerjakan,,,, saat itu dosen nya cuma ngangguk2 aja… ga senyum sama sekali… (tau ga? Di fa, beliau tuh terkenal sebagai Dosen Ter Cool di Fa,,, ga ada ekspresi sama sekali)….


Terus besoknya tiba2 saya dkk dipanggil ma dosen itu,,,, dan beliau bilang katanya kami ber 4 tidak usah mengerjakan TA yang kemarin udah disampaikan ke beliau, beliau menawarkan ke kami ber 4 untuk mengerjakan project nya beliau aja, jadi ntar TA nya sy dkk judulnya dicariin ma beliau…. Dan bahan2 TA nya bisa sekalian dari bahan2 yg dipake buat project nya bapak itu.

Ga lama setelah bapak ngmg itu,,, kami ber4 langsung kompak bilang ke bapak nya “Iya, Pa. Sy mau!!!!” . hehehe… tau ga kenpa alasannya? Soalnya sebenrnya sy dkk tu juga masih bingung ttg TA yg udah kita pilih itu,,,, hehehe….

Akhirnya dimulailah sy dkk mengerjakan project nya bapak sekalian ngerjain TA kami jg… akhirnya saya dan ke3 temen sy itu dikasih tema TA msg2… tapi satu sama lain berhubungan, jadi kami bisa ngerjain TA itu brg2… hohoho… (sy, toga, randi tu 1 project yg sama. Kalo rieza tu beda project makanya beda dgn kami ber3).

Randi ttg optimasi suhu pada process pembuatan minyak biar kualitas nya baik.

Kalo Toga ttg Pengurangan kontaminan benzopiren dan akrilamida pada produk minyak yg dihasilkan. Nah kalo sy Pemanfaatan Ampas kelapa limbah pembuatan minyak sebagai bahan makanan berserat tinggi.


Akhirnya di saat anak2 Fa04 masih pada ngerjain TA1 dan penelusuran pustaka, sy dkk tuh udah mulai nge-lab dan ngerjain TA2.


TA sy sendiri tuh, bahan dasar nya dari limbah nya TA nya Randi. Jadi limbah pembuatan minyak itu, sy analisis proksimat (analisis protein, karbohidrat, serat, lemak, bilangan iod, kadar abu,kadar air) terus dicari formulasi yang pas untuk makanannya dalam bentuk sediaan yg sesuai (harus nyari formulasi nya sendiri, ngotak-ngatik sendiri bentuk sediaan pas nya apa) agar kandungan protein, serat dll nya tetap baik dan ga berkurang banyak. Trus harus nyari kombinasi yg pas untuk formulasi makanannya agar makanan tsb bisa memenuhi standar gizi yg tinggi dan rasanya jg enak dan bisa diterima konsumen. Terus harus dianalisis+diuji juga keamanan pangannya. Gtu…


Nah selama 3 bulan di semester 1 itu lah sy dkk ngerjain project bapak dan nyelesein tugas lab TA kami msg2. Alhamdulillah selesai pas lg liburan semester1… tinggal validasi metode (kalo pake metode baru) terus tinggal olah data + bikin draft TA aja…. Sama ngulang percobaan kalo ada data yg masih blm ok.


Lalu… pas semester2, saya dan kedua temen sy itu udah mulai nyantai krn ga harus nge-lab lg, krn udh slsai. Karena sy terlalu santai, akhirnya sy tinggal untuk ngerjain yg lain. Trus ditambah lg waktu zaman pemilu KM dan bantuin tim Bolang… akhirnya TA sy saat itu bnr2 ditinggalin.

Sampe pada suatu hari sy ketemu dosen sy lg untuk ngbrol2. Dari hasil obrolan itu akhirnya keluar beberapa ide baru untuk dikerjain brg lagi. Termasuk ide sy ttg menjadikan limbah minyak itu dijadikan tepung ampas kelapa yang bisa digunakan jadi bahan pengisi tablet. Trus bapaknya jadi tertarik dan menyempurnakan ide sy itu jd judul baru “Pembuatan Tepung Ampas Kelapa Bebas Lemak sebagai Bahan Pengisi Tablet Cetak Langsung”. Habis ketemuan itu, sy tinggal TA+bapaknya selama krg lbh 3,5 bln.


Nah karena waktu itu sy mutusin untuk ga lulus bulan Juli karena blm selesai olah data dan draft TA, akhirnya pas lg bimbingan dosen lagi setelah sy pergi ninggalin TA dan ga bimbingan ke bapak selama kurang lebih 3,5 bulan, sy waktu itu dimarahin abis2an… ditanyain sy kemana aja selama 3,5 bln itu dan dimarahin gara2 sama sekali ga kasih kabar…


Trus setelah marahnya reda, tiba2 bapak nanya ttg progress sy ttg ide sy ttg bahan pengisi tablet itu. Dan akhirnya beliau bilang ke sy kalo TA sy ganti judul aja karena msh ada waktu smp oktober untuk ngerjain itu. Bapak bilang, kita harus bs bikin karya yg monumental dan bermanfaat jadi kalo penelitian awal ini data yg dihasilkan menunjukkan hasil yg baik, maka ada kemungkinan bisa bneran dikembangkan jd bahan pengisi tablet cetak langsung yang lebih murah dibandingkan dgn bahan pengisi tablet cetak langsung yg ada di pasaran sekarang. Krn yg ada di pasaran skrg harganya masih mahal dan masih impor dari Negara lain. Gitu, katanya!!!!

Akhirnya dengan berat hati, sy harus ngulang lg TA sy dgn judul yg baru… hoho…

TA sy yg baru ini, kerja nya lintas lab, yaitu lab analisis (farmakokimia) dan lab tekno (farmakokinetik). Yang harus saya lakukan di awal TA ini, sama kaya TA sy yg sebelumnya, yaitu analisis awal (analisis proksimat) ttg kandungan serat, protein, lemak, karbohidrat, kadar air, kadar abu, bilangan iod. Habis itu dikeringkan pake satu alat yang dihubungkan lgsg dgn computer (nama alat dan program nya tu “Akuisisi”). Sebenernya untuk pengeringan bisa aja pake oven biasa, tapi dosennya udah ngebeliin alat akuisisi itu, jadi ya harus dipake alatnya. Hehehe… lagian kalo pake ni alat, proses pengeringannya lebih terukur parameter2 nya… bisa sekalian dihitung jg rH (kadar kelembaban) nya … bisa dikontrol jg waktu dan suhu nya sesuai kita… jd kita bs tau suhu dan waktu optimal untuk pengeringan nya berapa….. terus grafik+data nya bs lgsg disave di computer,,,, jadi nya ngerjain data nya lebih mudah….


Habis dikeringin bahan ampasnya terus harus dibebas lemak kan…. Nah metode pembebasan lemak nya ini yang harus dicari. Harus yg tepat agar kandungan lainnya tetap dan ga rusak/hilang…. Salah satu kendala saya pada proses ini adalah Alat ekstraksi Super Kritik yg merupakan metode paling pas untuk pembebasan lemak nya ternyata ga ada di ITB (padahal sy udah ke Tekim dan kimia buat nyari alat ini,,, tapi ga nemu… hiks!!!)… akhirnya sy harus nyari metode pengganti yg lain… dan diputuskan untuk ganti metode pembebasan lemaknya dengan ekstraksi biasa aja pake pelarut organic… ekstraksi pake etil asetat (salah satu pelarut yang lazim digunakan untuk ekstraksi)….


Setelah diekstraksi,,, bahan nya itu dicek lagi kandungan lemak dan serat nya apakah sudah berkurang dan memenuhi standar bahan pengisi tablet atau ga…. Harapannya sih si ampas kelapa nya udah tgl dikit lemaknya dan kalo bisa udah tgl selulosa nya aja…. Kalo kandungan lemak nya dan serat nya udah sesuai syarat,,,, maka lanjut ke perlakuan selanjutnya…. Si bahan ini harus dibuat tepung dengan ukuran partikel tertentu sesuai syarat ukuran bahan pengisi tablet (syarat2 ini ada di farmakope Indonesia atau di handbook of Excipient yg standarnya udah ditetapkan)….


Setelah dijadikan tepung ampas kelapa bebas lemak, bahan ini harus diujikan. Diuji sebagai pengisi tablet cetak langsung. Di sini kita harus nentuin zat aktif apa yg mau digunakan sebagai sampel dalam pembuatan tablet cetak langsung nya, karena ga semua zat aktif bisa dijadikan tablet dengan metode cetak langsung… jadi harus milih dgn tepat zat aktif yg akan digunakan…. Nah kalo udah diuji dan jadi tablet… sampel tablet ini diuji lagi… uji aliran ,uji disolusi, uji keregasan tablet, uji friksibilitas, uji waktu hancur, dan uji2 evaluasi tablet lainnya…

Nanti dibandingkan dengan tablet (dengan meggunakan zat aktif yg sama) yg menggunakan bahan pengisi tablet yang ada di pasaran (biasanya pembandingnya tu menggunakan bhan pengisi tablet Avicel). Sampe saat ini bahan pengisi tablet cetak langsung yg baik masih avicel yg harga bahannya cukup mahal dan impor.


Setelah dibandingkan,,, di analisis ada perbedaan bermakna ga si tablet uji yg menggunakan bahan pengisi tepung ampas kelapa dengan tablet pembanding yg menggunakan bahan pengisi tablet avicel… terus dicari deh kesimpulan percobaannya….


Nah gitu gambaran TA sy… gampang kan? Hehe…

Kalo rajin, TA sy udah bs sls dalam waktu 1 bulan aja… karena sy nya ga rajin dan sering ninggalin… akhirnya lama deh selesai nya… hohoho…..


Bandung, 8 Agustus 2008


Dedicated to a special person for me. Buat kamu yang saya sebut dengan “Orang Baik”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar